Game Puzzle Sangat Membantu Motorik Anak

www.vtechuk.comGame Puzzle Sangat Membantu Motorik Anak. Teknologi perangkat seluler berkembang pesat, terutama dengan munculnya ponsel pintar dengan sistem operasi Android. Dalam hal ini, pengguna dapat dengan mudah mengunduh berbagai aplikasi dasar di Google Play Store. Namun sebagian besar disediakan dalam bentuk permainan dengan pendidikan rendah. Bahkan seringkali berdampak negatif bagi penggunanya, terutama bagi anak-anak yang masih belum bisa membedakan antara positif dan negatif.

Oleh karena itu peneliti telah mengembangkan aplikasi permainan puzzle yang dapat memberikan hiburan dan edukasi bagi pengguna (khususnya anak-anak). Aplikasi permainan puzzle ini memperkenalkan peralatan komputer pilihan yang dibangun menggunakan mesin permainan Construct 2 yang diubah oleh Phonegap menjadi file Apk. Aplikasi aplikasi ini dibuat dengan memasang aplikasi permainan puzzle pada smartphone dengan sistem operasi Android versi 4.4.2

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya menghasilkan media baru (game online) berbasis PC (portable computer), tetapi juga perkembangan teknologi telepon pintar yang semakin matang dan terjangkau, yang meningkatkan kompleksitas kehidupan media. Tak heran jika saat ini pengguna smartphone tidak hanya orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak, kini sangat perlu diperkenalkan orang tua sebagai pengawas untuk mengenalkan teknologi. Kesalahan yang sering dilakukan orang tua adalah memberikan kebebasan yang sama kepada anak-anaknya untuk bermain dengan smartphone mereka, hanya untuk mengakses game tersebut tanpa memberikan bimbingan dan manfaat.

Baca Juga: Manfaat Bermain Catur yang Sangat Baik Untuk Anak

Munculnya kepribadian buruk yang ditampilkan oleh anak dewasa ini dapat dipicu oleh permainan yang membuat mereka melupakan kehidupan sosialnya di kehidupan nyata, apalagi jika permainan yang dikonsumsi mengandung unsur kekerasan, dikhawatirkan akan mempengaruhi pembentukan anak. Perilaku agresif, yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Salah satunya adalah penggunaan game edukasi yang membingungkan untuk mendukung proses belajar anak. Gamepuzzle merupakan mainan edukasi yang dapat merangsang kemampuan logika / matematika anak dengan memecahkan teka-teki berpasangan.Bagian ini akan membahas tentang penjelasan dari landasan teori, yang memuat berbagai konsep dan teori dasar yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi game edukasi. Peralatan komputer berbasis Android.

Saat ini, gamer adalah aplikasi yang paling banyak digunakan dan paling menyenangkan bagi pengguna media elektronik. Perkembangan game juga dipengaruhi oleh pengembang perangkat lunak game yang mulai tumbuh dalam jumlah besar. Pengembang menyediakan paket game komersial dan non komersial.Pada tahun 2000-an, banyak game mulai bermunculan, termasuk game 2D dan 3D.

Game konsol juga berkembang pesat, sehingga industri kreatif ini bisa menghasilkan wawasan yang luar biasa. Untuk membuat sebuah game yang hebat, Anda pasti membutuhkan sumber daya manusia yang baik, dan tentunya uang yang banyak. Beberapa pengembang perangkat lunak tanaman dalam ruangan mulai khawatir tentang sumber daya yang tidak mencukupi, dan tidak banyak yang bisa dipelajari dasar-dasar permainan.

Video game Edugames jenis ini khusus digunakan sebagai alat edukasi, baik untuk belajar mengenal warna anak, mengenal huruf dan angka, matematika, dan juga untuk belajar bahasa asing. Pengembang yang mengembangkan game harus mempertimbangkan berbagai faktor agar game tersebut benar-benar mendidik, menambah pengetahuan, dan meningkatkan keterampilan bermain game.

Pemain segmentasi target juga harus disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan desain visual atau animasi. Contoh pendidikan: Petualangan Bobi Bola, Dora the Explorer, Billy dan Tracy. Seperti namanya, jenis permainan Puzzlevideo ini adalah tentang menyelesaikan teka-teki, baik itu menyusun balok, mencocokkan warna bola, menyelesaikan kalkulasi matematika, melewati labirin, atau mendorong kotak masuk ke tempat yang semestinya, semuanya milik ini Tipe.

Umumnya game jenis ini juga memiliki gameplay tertentu dalam video game petualangan dan game edukasi. Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman. Alat pembuatan game adalah aplikasi perangkat lunak khusus yang dapat membantu atau memfasilitasi pembuatan video game.Beberapa tugas yang ditangani oleh alat ini termasuk mengubah aset (seperti model 3D, tekstur) ke dalam format yang dibutuhkan oleh game, mengedit dan menyusun- skrip level. Hampir semua alat pengembangan game dikembangkan oleh pengembang khusus untuk satu game. Meskipun alat ini dapat digunakan kembali di gim mendatang, alat ini hampir selalu dimulai sebagai sumber daya untuk satu gim.

Meskipun banyak paket perangkat lunak COTS digunakan dalam produksi, seperti paket perangkat lunak game 3D seperti Maya dan 3D Studio Max, editor grafis seperti Photoshop dan IDE seperti Microsoft Visual Studio tidak dianggap sebagai alat pengembangan game. Karena mereka hanya menggunakan game di luar perkembangan. Alat permainan mungkin atau mungkin tidak dirilis dengan permainan akhir, tergantung pada alat yang digunakan.

Untuk game modern, biasanya menyertakan setidaknya satu editor level untuk game yang membutuhkannya. Construct2 adalah mesin game open source, biasanya digunakan untuk membuat game untuk desktop dan smartphone. Structure 2 sendiri berfungsi membuat waktu permainan tanpa pemrograman, karena struktur 2 merupakan operasi drag-and-drop. Sebaliknya, Konstruksi 2 memiliki tabel peristiwa yang menggantikan file sumber dalam bahasa pemrograman. Di tabel acara ini, acara yang dapat digunakan dan kondisi yang mungkin terjadi dalam acara ini dicantumkan.

Logika evaluasi seperti AND dan OR dan sub-event memungkinkan pembuatan sistem yang kompleks tanpa perlu mempelajari bahasa pemrograman yang lebih sulit. Ada juga fungsi pengelompokan, yang dapat digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur acara, serta membuka dan menutup beberapa acara. Game yang dibuat di Construct2 dapat dipublikasikan ke Windows Store, Facebook, Toko Web Chrome, dan situs web Anda sendiri. Konstruksi 2 juga dapat digunakan untuk mengekspor game berbasis HTML5 ke game seluler untuk Android dan iOS, Windows Phone, dan Wii U.

Tetapi untuk mengekspor ke platform game ke lain, Anda harus membeli lisensi pribadi, yang mahal, karena pengembang Construct 2 tidak diperbolehkan menggunakannya untuk tujuan komersial tanpa bukti dari pengembang game. Bahkan jika beberapa pengguna menerbitkan game dengan pembelian dalam aplikasi resmi, pendapatan mereka hanya di bawah $ 5.000. Tidak hanya itu, pengguna juga harus mengupgrade lisensinya menjadi lisensi perusahaan.

Construct2 juga memungkinkan pengguna menggunakan pluginiAds untuk menempatkan iklan atau iklan di game mereka. Plug-in ini didedikasikan untuk proyek iOS, sedangkan Microsoft Pubcenter ditujukan untuk Windows Phone-nya proyek. Selain itu, pengguna Construct 2 dapat menautkan proyek mereka dengan Google Play Store dan Apple Game Center untuk membuat sistem pencapaian atau memberi peringkat skor pemain yang mengunduh aplikasi mereka.

Seperti namanya, jenis permainan puzzle ini melibatkan pemecahan teka-teki, termasuk menyusun balok, mencocokkan warna bola, menyelesaikan perhitungan matematis, melewati labirin, dan mendorong kotak masuk ke posisi yang semestinya, yang semuanya termasuk dalam jenis ini. Game yang belum pernah menggunakan metode ini, Ascent Climb yang paling curam, adalah metode pencarian ini berdasarkan sebuah nilai heuristik dari suatu fungsi.

Metode ini memberikan nilai untuk solusi yang diperkirakan. Metode ini biasanya digunakan untuk masalah pengoptimalan. Jigsaw juga digunakan dengan metode pencarian atau pelacakan, yang merupakan salah satu teknik untuk memecahkan masalah AI. Di bidang lain, masalah sulit juga menggunakan teknik salah ketik. Salah ketik mengacu pada situasi di mana ada kesalahan ketik pada sebuah kata yang menyebabkan arti kata tersebut berubah.

Pada tahap ini menggambarkan analisis kebutuhan sistem. Berguna untuk mengetahui dan memahami kebutuhan perangkat lunak yang akan digunakan di pengguna dan manufaktur. Pengumpulan data pada tahap ini dapat diamati, atau Anda dapat mempelajari literatur yang telah dilakukan sebelumnya. Analisis sistem akan memberikan informasi tentang pengenalan komputer ke dalam media game.

Baca Juga: Terapi Okupasi Itu Apa?

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan tentang manajemen keilmuan dalam aplikasi permainan puzzle Realisasi antarmuka profil perangkat komputer berbasis android merupakan tahapan dimana sistem siap untuk dijalankan pada tahapan yang sebenarnya, oleh karena itu dilakukan dapat dilihat bahwa, apakah sistem yang dibuat sesuai dengan sistem yang dirancang sebelumnya.

Sertakan game puzzle dalam tampilan menu, dan tebak bagaimana fungsi gambar tersebut dimainkan dan tentang game tersebut. Berdasarkan rancangan dan hasil pengujian sistem permainan puzzle perangkat komputer yang dikenalkan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan penelitian ini, game edukasi puzzle berbasis sistem operasi Android versi Kitkat 4.4.2 dapat digunakan.

Pembelajaran anak usia dini. Game edukasi yang dibuat menceritakan perkembangan logika, termasuk pembelajaran mengenal pengetahuan tentang peralatan komputer, dan memberikan dukungan melalui musik Antarmuka yang mudah dipahami dan dioperasikan pada anak usia dini. Game edukasi ini telah diuji dengan menggunakan metode tes kotak hitam

Manfaat Game Puzzle Untuk Anak

Puzzle atau mainan rakitan dan rakitan merupakan permainan edukatif yang sudah ada sejak abad ke-18 dan masih digemari oleh generasi sekarang. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memainkan teka-teki yang luar biasa bermanfaat, salah satunya adalah merangsang otak untuk menjaga kondisi terbaiknya. Lantas, sejak usia berapa Anda mengajak anak bermain jigsaw puzzle?

Seperti namanya, jigsaw puzzle adalah permainan di mana gambar-gambar yang biasanya terbuat dari bentuk-bentuk asimetris yang terbuat dari papan kayu atau karton dirangkai menjadi satu untuk memudahkan merangkai gambar menjadi satu kesatuan. Anak-anak di seluruh dunia sering memainkan beberapa permainan edukatif.

Seperti teka-teki, ada konstruksi, angka, geometri dan juga logika. Sebenarnya ada banyak sekali teka-teki bertema menarik sekarang ini, jika kamu ingin memperkenalkan game ini kepada anak-anakmu, kamu sebenarnya bisa melakukannya sejak kecil. Bayi belum bisa menyusun puzzle menjadi gambar yang utuh, namun mereka sudah bisa memainkan puzzle berbentuk mainan sederhana.

Memasuki usia 10-12 bulan, kebanyakan bayi sudah bisa memasukkan mainannya ke dalam kotak lalu mengeluarkannya kembali. Pada usia 2 tahun, anak-anak dapat meletakkan potongan puzzle besar di papan tulis. Perlu dicatat bahwa gambar yang ada berukuran besar dan bentuknya seragam. Pada saat yang sama, pada usia 3 tahun, anak Anda akan mulai menunjukkan kemampuan untuk menyelesaikan teka-teki terkait.

Saat anak-anak tumbuh besar, mereka akan menikmati teka-teki dengan tema yang lebih beragam dan menantang. Memperkenalkan game ini kepadanya akan mengejutkan orang tua ketika mereka mengetahui manfaat bermain puzzle untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Apa manfaat bermain jigsaw puzzle untuk anak-anak?

1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Puzzle memiliki tema yang berbeda. Di era sekarang ini, permainan bahkan menyediakan huruf, warna, angka, dan berbagai karakter yang bisa meningkatkan kemampuan spasial dari si anak. Selain bermain, mereka juga akan lebih memahami tema dan tema yang mereka tulis. Selain itu, saat mengingat gambar, pola, atau kata yang mungkin tidak cocok saat disusun, puzzle juga dapat melatih daya ingat anak dan meminta anak menyusun ulang hingga menemukan segmen yang tepat. Permainan juga dapat melatih anak untuk berkonsentrasi dalam waktu yang lama, yang merupakan kondisi yang baik untuk anak-anak dewasa.

2. Melatih kemampuan menyelesaikan masalah

Memecahkan masalah yang sulit adalah masalah strategis. Ajak anak untuk mempertimbangkan menyusun potongan-potongan kecil menjadi gambaran keseluruhan yang bermakna.Pada tahap ini, mereka perlu berhenti sejenak untuk mempertimbangkan strategi mana yang cocok untuk menyusun potongan-potongan yang berbeda. Ini mendukung anak-anak untuk berpikir kritis dan logis, menemukan solusi dalam kerangka waktu yang sempit, dan mengasah keterampilan pemecahan masalah yang mumpuni.

3. Kemampuan motoriknya akan terlatih dengan baik

Saat bermain puzzle, anak-anak akan mengeksplorasi banyak olahraga. Mereka menghubungkan berbagai bagian gambar satu sama lain untuk ditempatkan di bagian yang sesuai. Gerakan ini secara otomatis akan merangsang perkembangan saraf motorik halusnya yang sedang berkembang. Selain keterampilan motorik yang baik, tangan dan mata anak akan dilatih untuk terus berkoordinasi. Ini akan berdampak positif dan anak kecil Anda akan tumbuh menjadi pribadi yang tanggap terhadap hal-hal di sekitar orang dewasa. Mengembangkan keterampilan tersebut sejak usia dini bahkan dapat memudahkan anak untuk belajar menulis, menggambar, dan memainkan alat musik di kemudian hari.

4. Sosialisasi

Ada banyak jenis masalah yang membutuhkan kerjasama dengan orang lain untuk menyelesaikan kompleksitasnya. Di sini si kecil akan dilatih untuk bekerja dengan teman-temannya, menantang mereka untuk bertanya, berdiskusi, dan mengasah kemampuan kepemimpinannya. Proses pemecahan masalah mendorong anak untuk bekerja sama dengan teman. Anak-anak belajar mengajukan pertanyaan, berdiskusi,dan berbagi serta memimpin. Memperkenalkan permainan ini kepada anak-anak juga akan mengajarkan mereka untuk bersabar dan berpartisipasi dalam permainan.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Si kecil cenderung pemalu? Sejak saat itu, orang tuanya sudah terbiasa dengan dia bermain jigsaw puzzle, itu tidak salah. Penyelesaian teka-teki yang berhasil dapat memberi anak-anak pencapaian yang memuaskan. Ini akan membuat anak Anda lebih percaya diri dan siap untuk memecahkan masalah yang lebih menantang di kemudian hari.

Puzzle mana yang cocok untuk anak-anak?

Selama ini mungkin Anda hanya mengetahui jigsaw puzzles, yang hanya sebagian kecil saja dari gambaran lengkapnya. Bahkan ada berbagai varian puzzle, seperti Rubik’s Cube, Scrabble (permainan sortir kata), Sudoku, crossword puzzles, math puzzles dan pola puzzle tertentu. Jenis puzzle berikut ini cocok untuk anak-anak dari berbagai usia: Jenis puzzle apa yang cocok untuk anak kecil Anda?

Usia 0-2 tahun

Pada usia ini, sangat disarankan untuk menggunakan teka-teki anak yang lebih besar untuk mulai melatih koordinasi tangan dan keterampilan visual. Anda dapat membelikannya 3 buah puzzle, dan jumlah ini akan bertambah seiring bertambahnya usia.

2-3 tahun

Pada usia 2 tahun, penglihatannya akan membaik. Di sini, anak mulai mengenali objek dan karakter tertentu dengan baik. Teka-teki gambar berdasarkan kartun, alat musik, atau kendaraan favorit Anda mungkin merupakan pilihan terbaik. Anda dapat menyesuaikan bentuk dan warna puzzle sesuai dengan kepribadian anak Anda agar manfaat positifnya lebih jelas. Anak-anak seusia ini sudah bisa menangani puzzle yang berisi 8-20 puzzle, sedangkan anak usia 3 tahun bisa menyusun puzzle kecil dengan lebih baik.

3-5 tahun

Sekarang, saat anak-anak tumbuh besar, mereka akan menikmati permainan yang menantang. Memasuki usia balita, anak-anak mulai berani mencoba teka-teki tertentu dan menantang diri sendiri. Ini mungkin menunjukkan bahwa Anda dapat menambah jumlah bagian dan merancang teka-teki yang lebih kompleks daripada sebelumnya. Tidak ada yang salah dengan teka-teki yang diberikan oleh orang tua, karena teka-teki ini memberikan serangkaian topik tertentu dengan kompleksitas dan ukuran yang berbeda-beda. Ketika anak berhasil menyelesaikan kesulitan yang lebih sulit pada satu waktu, tingkat kepuasan akan lebih tinggi.

6-8 tahun

Tidak ada salahnya memperkenalkan jigsaw puzzle saat anak Anda berusia 6 tahun. Hal ini karena pada tahap ini kemampuan mereka dalam menyusun puzzle sudah ditingkatkan. Beragam bentuk, warna, dan objek yang lebih beragam dapat secara efektif melatih anak mengasah keterampilan memecahkan masalah mereka. Anak-anak seusia ini dapat memainkan 260 hingga 500 teka-teki. Dengan manfaatnya yang luar biasa untuk kemampuan otak anak, tidak ada salahnya bagi para ibu untuk mulai menyusun permainan puzzle di akhir pekan. Jangan lupa biarkan ayah dan anak Anda menikmati waktu bermain yang berkualitas bersama.